4 Poin Penting Dalam Memilih Klinik USG

4 Poin Penting Dalam Memilih Klinik USG

saraswati August 9, 2021

Berita tentang kehamilan membawa kegembiraan tersendiri, tapi juga membawa tanggung jawab baru. Di antara daftar tanggung jawab yang harus diputuskan yaitu di mana akan pemeriksaan bayi. 

Untuk ibu hamil, klinik adalah pilihan ideal untuk memeriksa bayi karena fleksibilitas yang ditawarkan lebih tinggi daripada rumah sakit. Tapi memilih klinik USG di sini tak melulu tentang fleksibilitas, ada banyak aspek lain yang juga harus diperhatikan.

Berikut beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat menentukan tempat terbaik untuk pemeriksaan USG. 

#1. Jarak, Dokter dan Asuransi

Pertama, pertimbangkan jarak perjalanan dari rumah. Kebanyakan ibu hamil memilih tempat USG yang tidak jauh sehingga tidak perlu khawatir terjebak macet saat perjalanan. Juga, pastikan bahwa dokter memiliki pengalaman yang cukup dalam hal ini. 

Pastikan juga apakah asuransi atau tunjangan dapat digunakan pada klinik yang dipilih. Tapi beberapa ibu hamil mungkin memiliki masalah, jadi pastikan ada sistem yang disiapkan untuk menangani perpindahan ke rumah sakit. 

#2. Keselamatan Ibu dan Bayi

Kehamilan sehat adalah harapan bagi kebanyakan wanita, tetapi komplikasi medis yang berkaitan dengan kesehatan ibu atau bayi juga tak bisa diabaikan. Ketersediaan ruang operasi atau unit perawatan intensif (ICU) untuk kehamilan berisiko, bisa memberi ketenangan. 

Tindakan pencegahan ini sangat penting untuk kehamilan berisiko tinggi, terutama bagi penderita diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, atau lainnya. Selain dokter kandungan, pastikan klinik juga menyediakan dokter anak yang berada di lantai yang sama dan selalu siap saat dibutuhkan. 

Perbedaan penting yang ada di klinik bersalin adalah tidak ada pemisahan pemeriksaan. Prosedur apapun yang berjalan, termasuk pengobatan atau pemeriksaan, selalu dilakukan di depan keluarga. 

#3. Rencana Kelahiran 

Melihat bayi dalam kandungan adalah peristiwa yang tak terlupakan dan pengalaman yang sangat pribadi. Carilah klinik USG yang menyediakan fasilitas memadai, rencana kelahiran dan wawancara pra-melahirkan, yang tersedia untuk ibu hamil. 

Pastikan rencana pemeriksaan didiskusikan melalui program pendidikan yang berlangsung selama kehamilan sehingga ibu hamil mengetahui apa yang diharapkan saat melahirkan. 

Beberapa pertanyaan yang dapat dipertimbangkan antara lain: 

  • Apakah menginginkan kelahiran epidural atau tanpa obat? Pastikan staf mengetahui dan dapat mengakomodasi keinginan seputar pengendalian rasa sakit dengan program yang diberikan.
  • Apakah mereka memiliki sumber daya lain untuk membantu selama pemeriksaan? Jika ya, pilihlah klinik khusus dengan konsultan bersertifikat untuk mendidik dan membantu.

#4. Kenyamanan dan Kemudahan

Setelah memastikan bahwa klinik USG memenuhi kebutuhan dan dapat mengikuti rencana bersalin, pastikan merasa nyaman di sana sebelum, selama dan setelah pemeriksaan. Beberapa menawarkan kenyamanan satu kamar di mana pemeriksaan dan pemulihan berlangsung. 

Kenyamanan layanan dan fasilitas harusnya meliputi: 

  • Pusat diagnostik prenatal dimana pemeriksaan prenatal, ultrasound dan tes genetik dilakukan selama kehamilan untuk ibu yang berisiko tinggi.
  • Klinik USG dengan kamar bersalin untuk kelahiran alami.
  • ICU untuk merawat ibu hamil yang berisiko tinggi, bayi prematur, atau jika terjadi kebutuhan medis yang tidak terduga.
  • Pusat pendidikan ibu hamil yang menawarkan latihan dan kelas kehamilan sebelum dan sesudah melahirkan, kelompok pendukung dan dukungan perlengkapan menyusui.

Klinik bersalin menawarkan lebih banyak privasi karena volume melahirkan yang lebih rendah, umumnya tidak lebih dari 15 atau 20 wanita yang melahirkan pada saat yang bersamaan. Kenyamanan juga berarti ibu hamil dapat memilih orang-orang yang mendukungnya, terutama pasangannya. 

Semisal memiliki pertanyaan seputar USG selama masa kehamilan, jangan sungkan untuk menghubungi layanan klinik USG guna mendapat informasi lebih detail.