Memahami Pengertian Engraving dan Berbagai Jenisnya

Memahami Pengertian Engraving dan Berbagai Jenisnya

saraswati November 22, 2021

Ada berbagai cara untuk menyajikan ide dalam bentuk seni rupa, salah satunya adalah seni teknik cetak yang dikenal memiliki nilai seni grafis yang tinggi. Salah satu contohnya adalah engraving yang dikenal sebagai jenis teknik cetak yang paling sulit karena membutuhkan keahlian khusus untuk mendapat hasil karya yang bernilai tinggi. Daripada penasaran, mari simak pengertian engraving dan juga berbagai jenis engraving berikut.

 

Pengertian Engraving

Engraving, yang dalam bahasa Indonesia disebut ukiran halus merupakan teknik cetak dalam yang awalnya dikembangkan di Jerman pada abad ke 15.  Cara kerja untuk membuat engraving sendiri cukup sulit, karena harus menggunakan alat bernama burin atau graver yang terbuat dari logam yang diperkeras untuk membuat sayatan atau ukiran pada pelat logam, seperti emas, besi, maupun tembaga.

Namun seiring berkembangnya teknologi, kini sudah ada alat modern yang memudahkan proses pengerjaan engraving. Salah satunya adalah IT Pen, yang tak lain merupakan graver elektrik berbentuk pena yang dapat digunakan di hampir semua permukaan. Selain itu juga ada laser cutting yang semakin memudahkan pembuatan engraving, karena mesin ini telah menggunakan perintah komputer sehingga  hasil ukiran pun menjadi lebih halus.

Jadi singkatnya pengertian engraving adalah jenis ukiran yang menggunakan teknik seni grafis. Dengan membuat sayatan ke atas sebuah pelat atau media lain dengan permukaan rata menggunakan tinta.

 

Berbagai Jenis Engraving

Dengan berkembangnya peralatan yang digunakan untuk membuat teknik engraving maka jenis engraving pun juga semakin banyak macamnya. Ada pun beberapa jenis engraving yang ada ialah;

 

  • Hand Engraving

Jenis engraving ini merupakan teknik dengan menggunakan cara tradisional. Sesuai namanya, teknik ini dilakukan secara manual menggunakan tangan sebagai alat utama. Untuk menghasilkan karya yang memuaskan maka diperlukan keahlian khusus, seperti cara menggunakan graver maupun teknik mengukir.

 

  • Steel Engraving

Jenis engraving merupakan teknik ukir atau cetak yang menggunakan  media cetak berupa logam, seperti pelat baja. Dahulu teknik ini digunakan untuk percetakan uang, ilustrasi majalah, serta percetakan reproduksi lainnya. Namun kini jenis engraving ini sudah sangat jarang karena digantikan dengan percetakan digital.

 

  • Laser Engraving

Laser engraving merupakan teknik pembuatan engraving dengan cara modern karena telah memanfaatkan mesin laser untuk membuat sayatan pada media yang akan diukir. Karena menggunakan laser maka hasil dari jenis engraving ini jauh lebih presisi dan halus. Selain itu, Anda pun bisa membuat ukiran pada berbagai jenis media, mulai dari yang keras hingga lembut seperti kulit.

Itu dia pengertian engraving secara singkat. Bagi Anda yang masih penasaran dengan teknik cetak ini maka bisa mempelajari sejarah engraving secara lengkap serta proses teknik engraving disini.