Buat website sekolah

Buat Website Sekolah Profesional : Planning dan Konsep Harus Matang

Buat website sekolah

Buat Website Sekolah Profesional : Planning dan Konsep Harus Matang

felicia December 10, 2020

Buat web sekolah harus dikerjakan dengan konsep dan rencana yang matang. Banyak programmer yang berangkat dengan perencaan minimal, atau bahkan tanpa planning sama sekali. Padahal tahap planning inilah yang menjadi kunci kesuksesan dalam membuat segala jenis website, termasuk web sekolah.

Jasa buat web pun memerlukan banyak waktu untuk negosiasi dengan klien, serta diskusi internal antar anggota tim. Ini mengindikasikan pentingnya tahap planning dalam proses pembuatan sebuah website. Tanpa planning yang matang, programmer akan kesulitan untuk menentukan arah dan tujuan dari website yang dibuat. Mengenai tahap planning, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini :

 

Buat Website Sekolah : Hal-hal yang Harus Direncanakan

 

  • Tentukan Aplikasi dan Platform

Untuk membuat sebuah website, ada banyak pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan. Misalnya Adobe Dreamweaver atau PageBreeze. Anda juga bisa menggunakan platform Content Management System (CMS) seperti WordPress dan Blogger. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.

Tahap ini harus direncanakan dengan serius. Bagi programmer, ini berkaitan dengan bahasa pemrograman, framework, dan semua aspek yang akan digunakan. Bagi klien, platform CMS yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan kenyamanan administrator. Semua pihak harus turut andil dalam merencanakan poin pertama ini.

 

  • Desain, Domain, dan Hosting

Buat website sekolah harus mempertimbangkan desain template yang akan digunakan. Website sekolah mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakannya dari jenis website lain. Setiap sekolah pun mempunyai titik fokus dan keunggulan yang berbeda. Ini harus ditonjolkan dan ditampilkan dalam desain website untuk memperkuat kredibilitas sekolah di mata publik.

Tidak hanya desain, domain dan hosting pun perlu direncanakan. Umumnya, domain untuk website sekolah adalah sch.id. Harga domain ini bervariasi, tergantung dari penyedia domain yang Anda pilih. Kapasitas dan keamanan hosting pun perlu disesuaikan dengan kebutuhan website serta jenis dan frekuensi update konten yang akan dilakukan.

 

  • Siapkan Isi Konten

Setelah merencanakan aplikasi, platform, dan aspek-aspek lain di dua poin sebelumnya, langkah terakhir sebelum buat website sekolah adalah menyiapkan isi konten. Setidaknya, Anda harus sudah menyiapkan sambutan kepala sekolah dan profil sekolah. Dua informasi ini pasti tercantum di semua website sekolah. Akan lebih baik jika Anda juga bisa menyiapkan konten-konten yang lebih lengkap.

Setelah itu, kumpulkan dokumentasi kegiatan, baik berupa foto atau video yang akan diunggah ke website. Simpan semua file ke media penyimpanan yang aman dan awet agar dapat digunakan sewaktu-waktu. Anda juga bisa menyiapkan sesi pengambilan foto dan video untuk menjelaskan program pengajaran dan kegiatan ekstrakurikuler siswa.

 

Buat Website Sekolah dengan Acuan Konsep yang Rapi

Selesai planning, Anda sekarang mempunyai arah yang jelas tentang tampilan dan isi konten website Anda. Ini memudahkan semua pihak dalam mengerjakan bagiannya masing-masing guna mencapai tujuan yang sudah disepakati. Dengan konsep yang jelas, terstruktur, dan sistematis, buat website sekolah dapat dikerjakan dengan lebih cepat tanpa menemui banyak kendala.